Dugaan Buat Kegaduhan Sepanjang Kepemimpinan SAB Terdepak Telak Dari LAMR

    Dugaan Buat Kegaduhan Sepanjang Kepemimpinan SAB Terdepak Telak Dari LAMR
    Dugaan Buat Kegaduhan Sepanjang Kepemimpin SAB Terdepak Telak Dari LAMR

    Pekanbaru, - Ketua Umum Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan bahwa Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) LAM Riau yang diadakan oleh Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau kental dengan campur tangan dari Gubernur Riau Syamsuar.

    Mubeslub tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh 'anak buah' Gubernur Riau Syamsuar di pemerintahan, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting.

    "Kita sayangkan tindakan gubernur seperti ini, seharusnya beliau jadi payung panji diantara kita semua. Ini ada apa pak gubernur melakukan hal seperti ini, jangan menciderai lembaga adat jadi membuatnya bertikai, " kata Syahril, Sabtu (16/4/2022) malam.

    "Kita bukan menilai lagi bahwa ada intervensi gubernur, tapi memang kejadian tadi malam. Ini laporan dari LAM kabupaten kota yang hadir. Saya tidak tahu, kenapa pak gubernur begitu. Ini kan soal rumah adat, beliau kan di rumah pemerintahan, kenapa bisa mencampuri ini, kita pun tak tahu, " cakapnya lagi.

    Tudingan ini mendapat tanggapan dari Pemprov Riau melalui Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov Riau, Datuk Raja Yoserizal Zen, yang juga merupakan pengurus MKA LAM Riau.

    Jum'at (16/04/2022) malam sejumlah pengurus LAM Riau dan Pengurus LAM dari 8 Kab/Kota serta sejumlah tokoh masyarakat Melayu datang ke kediaman Gubri untuk bersilaturrahmi.Dalam pertemuan tersebut para pengurus LAM Riau termasuk kab/kota secara bergantian menyampaikan uneg-uneg, kekesalan sekaligus kekecewaan mereka terhadap kepemimpinan Ketua DPH LAM Riau Datuk SA di hadapan Bapak Gubri.

    Mereka meminta respon dan arahan Bapak Gubri selaku Datuk Seri Setia Amanah, yang ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah.Diperkuat lagi dengan masukan dari Dewan Kehormatan LAM Riau, saran dan masukan dari perwakilan kesultanan serta tokoh masyarakat Melayu Riau yang disampaikan kepada Bapak Gubri.

    Menanggapi hal itu, Bapak Gubri sebagai Payung Negeri Melayu, turut menyatakan keprihatinannya atas dinamika yang terjadi.Namun Gubri menegaskan bahwa meski dirinya adalah Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau, kewenangan sepenuhnya ada di tangan pengurus LAM kab/kota.Jadi, kalau pengurus LAM kab/kota mau LAM Riau baik, maka buatlah hal yang baik. Begitu pun sebaliknya.Gubri meminta agar seluruh pengurus satu suara untuk membawa LAM Riau ke arah yang lebih baik.

    Itulah respon dan arahan Gubri Syamsuar saat menerima rombongan silaturrahmi dari pengurus LAM Riau dan 8 pengurus LAM kab/kota.Andaipun ada tudingan bahwa Gubri Syamsuar ikut campur dalam pelaksanaan Mubeslub LAM Riau yang berlangsung di Hotel Alpha, Pekanbaru sejak 16-17 April 2022, hal itu sebagai sesuatu yang wajar saja, mengingat beliau adalah Datuk Seri Setia Amanah sekaligus sebagai Pembina/Penasehat LAM Riau.

    Bahkan sebagai Gubri, yang selama ini telah mengucurkan dana hibah dari APBD Riau untuk operasional LAM Riau.Terlebih, gedung LAM Riau adalah aset Pemprov Riau.Adalah menjadi kewajiban Gubri Syamsuar untuk membawa LAM Riau ke jalan yang benar demi menjaga marwah masyarakat Melayu Riau.

    Pekanbaru Riau
    Mulyadi

    Mulyadi

    Artikel Sebelumnya

    Hasil Sidang Pleno II Lembaga Adat Melayu...

    Artikel Berikutnya

    Syahril Abu Bakar Dinilai Cacat Dan Lumpuh...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 205

    Postingan Tahun ini: 2017

    Registered: Jul 16, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 197

    Postingan Tahun ini: 1410

    Registered: May 24, 2021

    BASORY WIJAYA

    BASORY WIJAYA verified

    Postingan Bulan ini: 112

    Postingan Tahun ini: 571

    Registered: Oct 11, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 105

    Postingan Tahun ini: 382

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd verified

    Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Sikapi Dan Tanggap Informasi Hipatitis Akut Yang Mematikan, LPA Kabupaten Labuhanbatu Koordinasi Dan Apresiasi
    Penyakit Mulut dan Kuku Serang Hewan Ternak Warga Jawa Timur, DPRD Sumut Minta Gubernur Sumatera Utara Lakukan Antisipasi
    Halal Bihalal Keluarga Besar Kodam IV/Diponegoro, Pangdam: Guyub Rukun, Saling Tolong Menolong Ada Permasalahan Saling Bantu
    Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018

    Follow Us

    Recommended Posts

    Sedang di Warnet, Pelaku Narkoba di Bekuk Sat Resnarkoba Polres
    Pemuda dan Mahasiswa Demo Kejati Riau
    MTsN 1 Bengkalis Buka Pendaftaran Siswa Baru Via Online Sampai Hari Ini Capai 241 Siswa
    Tingkatkan Kapasitas, Kepala Desa di Inhu Ikuti Pembekalan Awal Masa Jabatan
    Selamatkan Hutan di Jawa, Rimbawan Perhutani Gelar Aksi Damai